Karena adanya virus pandemic covid-1 ini, pemerintah memberikan himbauan untuk menerapan physical distancing, study at home, atau belajar di rumah untuk semua pelajar.

Jika kalian merupakan pelajar, kalian harus menata ulang atau mengatur waktu untuk pekuliahan online. Penambahan tugas juga pasti akan terasa dalam kuliah online ini.

“Waktu adalah uang” adalah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga Kita. Membuang waktu sama dengan membuang uang. Memang benar, karena jika kita membuang-buang waktu, Kita telah membuang-buang kesempatan untuk mendapatkan uang.

Sebagai mahasiswa, tentu Kita memiliki kegiatan-kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus dan baik akademik maupun non-akademik.

Untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, alangkah baiknya jika Kita mengatur jadwal untuk setiap kegiatan. Disinilah letak mengapa manajemen waktu sangatlah penting.

Jadi, kalian harus menjadwal ulang kegiatan kalian sehari – hari. Nah, untuk kalian yang kesulitan mengatur waktu, di bawah ini kami akan berikan tips nya untuk kalian.

1.Menjadwal Ulang Kegiatan Ketika Di Rumah Dan Gunakan Waktu Luang Untuk Kegiatan Bermanfaat

Menjadwal Ulang Kegiatan Ketika Di Rumah Dan Gunakan Waktu Luang Untuk Kegiatan Bermanfaat

Saat kuliah online diterapkan jadwal perkuliahan pasti akan berubah, seperti kegiatan praktikum ditiadakan, penambahan jam kuliah online dan sebagainya.

Ada baiknya sobat tulis jadwal perubahan kegiatan perkuliahan ya. Penjadwalan perkuliahan ini agar kamu mengetahui kapan saja atau jam berapa kamu memiliki waktu luang, semua waktu luangmu dapat dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat.

Disarankan untuk tidak membuat jadwal di dalam otak kalian terutama bagi kamu yang mudah lupa. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan anda lakukan beserta waktunya di kertas, kalender, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone.

Hal ini akan membuat kamu tidak mudah lupa dengan kegiatan yang sudah direncanakan. Keseharian kamu pun menjadi lebih terstruktur.

Ketika sudah menjadwal kegiatan kuliah onlinemu, sobat dapat melihat jam dan kapan kamu mendapatkan waktu kosong.

Terdapat beberapa cara dalam mengisi kekosongan waktu seperti; membantu orang tua, mencoba hal baru, membaca buku yang tidak sempat terbaca, bermain bersama adik dan terpenting adalah menjaga keluarga kita tetap senang dan gembira di dalam rumah.

Jadwal kegiatan yang kamu susun mungkin kadang-kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang anda prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama dari prediksi kamu. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bisa tepat waktu saat mulai atau selesai.

2.Usahakan mengerjakan tugas di pagi hari dan Tetap harus berolahraga

Kenapa harus pagi hari mengerjakan tugas atau belajar? sangat dianjurkan dilaksanakan pada pagi hari, karena menurut Dr. Jane Oakhill, seorang psikolog di University of Sussex, menemukan bahwa belajar di pagi hari lebih baik untuk mengambil informasi baru.

Pada pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengingat fakta dan angka. Jika kamu mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, kamu harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengalokasikan kegiatan yang tidak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain.

Hal yang mungkin beberapa orang lakukan adalah menunda-nunda. Jika kegiatan kamu tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut.

Jika kamu mempunyai kebiasaan tersebut, alangkah baiknya untuk menghapusnya. Jangan biarkan kegiatan kamu berlarut-larut.

Jangan sampai tubuhmu tidak dapat asupan olahraga, sempatkanlah untuk berolahraga, karena dengan adanya physical distancing sobat terpaksa mengurangi kegiatan diluar rumah.

Biasanya berolahraga saat car free day atau car free night, untuk itu kamu harus berolahraga dirumah seperti push up, jalan-jalan di koridor rumah, sit up, angkat beban atau sekedar naik turun tangga.

Meskipun kamu memiliki kegiatan “seabreg” kamu harus menjaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup. Sebab, tubuh yang kurang istirahat lebih mudah terserang penyakit.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa atau pelajar yang saat ini sedang menjalankan kuliah atau sekolah online di rumah.

Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian para siswa dan mahasiswa yang membutuhkan.