Beberapa orang mungkin berpikir bahwa bermain itu mengasyikkan. Namun hal ini membuat beberapa orang jadi malas belajar.

Namun, agar tidak kesulitan memahami materi pelajaran di sekolah, kalian memang harus merancang cara mengatur waktu belajar yang efektif.

Jika memiliki waktu belajar yang efektif, kalian akan lebih mudah menemukan cara membagi waktu belajar dan bermain tanpa harus takut ketinggalan materi pelajaran si sekolah.

Walaupun terdengar sederhana, namun sebenarnya cara membagi waktu belajar dan bermain tidak semudah itu.

Namun, di bawah ini kami akan berikan tips nya untuk kalian.

1.Menyusun Agenda Harian dan Membuat Target Belajar

Menyusun Agenda Harian dan Membuat Target Belajar

Menyusun agenda harian membuat kamu lebih mudah menentukan kapan kamu harus belajar, dan kapan kamu bisa bermain. Jangan lupa, agar lebih seimbang, kamu juga bisa memasukkan jadwal berkumpul bersama keluarga, membantu orangtua dan mengerjakan tugas harianmu di rumah.

Membuat target belajar menjadi salah satu strategi belajar tepat, yang memudahkan kamu lebih fokus mendalami materi pelajaran yang ingin kamu kuasai. Ada dua cara yang bisa kamu terapkan dalam membuat target belajar.

Pertama, kamu bisa membuat gambaran umum tentang materi pelajaran yang ingin kamu kuasai. Caranya, kamu bisa melihat daftar isi buku pelajaran, untuk menentukan materi-materi pelajaran apa saja yang harus kamu pelajari dan pahami dalam seminggu.

Kedua, buatlah pemetaan tentang pemahaman konsep materi pelajaran. Cara ini akan memudahkan untuk mengukur pemahamanmu terhadap konsep materi pelajaran yang inign kamu pelajari.

2.Menentukan Waktu Luang, Pilih Metode Belajar yang Sesuai dan Selesaikan Tugas Sekolah Lebih Awal

Menentukan Waktu Luang, Pilih Metode Belajar yang Sesuai dan Selesaikan Tugas Sekolah Lebih Awal

Menentukan waktu luang menjadi bagian penting dari cara mengatur waktu belajar efektif. Belajar sampai lupa waktu tentu akan membuatmu mudah lelah dan stres, untuk menghindarinya, bersantai sejenak sembari mendengarkan musik atau menonton drama korea kesukaan nggak ada salahnya kok.

Sempatkanlah waktu luang untuk mengerjakan hal yang kamu sukai. Cara ini membuat tubuh dan pikiran lebih segar dan lebih fokus mengerjakan tugas sekolah maupun memahami materi pelajaran.

Setelah kamu menyusun target belajar, kamu bisa mencari metode belajar yang sesuai dengan dirimu. Contoh metode belajar yang bisa kamu coba adalah metode belajar Pomodoro dan mind mapping.

Cara mengatur waktu belajar efektif selanjutnya adalah menyelesaikan tugas sekolah lebih awal. Hal ini bisa kamu lakukan selama belajar di rumah atau ketika kamu mulai bisa belajar tatap muka di sekolahmu nanti.

Jika menyelesaikan tugas sekolah lebih awal, kamu bisa memiliki waktu bermain dan beristirahat tanpa terganggu tugas sekolah yang belum kamu kerjakan.

Sebelum mengerjakan tugas sekolah, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak sekitar sejam agar kondisi tubuh dan pikiran kamu kembali fokus mengerjakan tugas sekolah.

3.Disiplin dan Konsisten Lalu Lakukan Evaluasi

Disiplin dan Konsisten Lalu Lakukan Evaluasi

Disiplin dan konsisten merupakan strategi belajar tepat dan kunci keberhasilan untuk melakukan segala hal. Pastikan diri kamu bisa terus disiplin dan konsisten mematuhi agenda harian yang sudah kamu susun.

Bila sudah terbiasa disiplin dan konsisten, kamu juga tidak akan menganggap kegiatan belajar dan mengerjakan tugas sekolah sebagai beban.

Setelah cara-cara sebelumnya sudah kamu terapkan, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi cara membuat jadwal belajar sehari-hari dan target belajarmu dalam seminggu.

Kamu harus mengecek, apakah cara membuat jadwal belajarmu sudah efisien? Apakah kamu telah melaksanakan agenda harian yang kamu buat dengan baik dan target belajarmu sudah tercapai?

Kalau misal jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut belum memuaskan, kamu harus memperbaiki jadwal belajarmu, serta berusaha lebih disiplin dan konsisten pada minggu berikutnya.

Jika kamu merasa jam belajar yang sudah kamu tentukan dalam agenda harianmu banyak terganggu hal lain, kamu bisa mengubah jadwal belajarmu pada jam-jam yang lebih tenang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan untuk memanage waktu belajar kalian dengan waktu bermain kalian.

Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari cara untuk menyeimbangkan waktu belajar dan bermain.